Spiga

Widget apaan tuch? Makanan atau Minuman?

Dear All Friend’s,,,


Haha….judul diatas adalah hasil chat qu dengan beberapa kawan yang nota bene….(duch pake nota segala….) orang baru dalam dunia Maya ini. Akhirnya karena sempat bikin qu tertawa terpingkal – pingkal ( ampe guling – guling segala nich) qu buat aja notes post buat menerangkan untuk kalian semua agar tidak salah mengerti. Memang kalo denger istilah yang diatas nyambung selalu makanan atau minuman, dan ini juga pernah qu alami saat qu pertama kali Blogging. Susah bener ya…….hahaha….

Widget tuch bukan makanan apalagi minuman. Widget adalah…( Guru Mode ON) ini pengertian qu ambil dari Wikipedia.org yaitu suatu istilah dalam dunia internet yang merupakan ”Kode Portable” ( biasanya sich DHTML, Java Srcipt, atau Adobe Flash) yang dipasang (diinstall atau lebih kerennya di copy paste) pada suatu halaman WEB ataupun BLOG untuk fungsi tertentu atau sesuai dengan fungsinya, dan akhirnya menjadi bagian dari halaman WEB ataupun BLOG tersebut. Nach lho….sudah puyeng ya…..jangan dulu…karena masih panjang nich penjelasannya.

Dalam dunia Maya ada istilah lain untuk Widget yaitu gadget, badge, module, webjit, capsule, snippet, mini, flake, application, dll.



Program Widget biasanya dijalankan di satu server tertentu, dan Kalian sebagai pengguna (wadow…kayak pengguna narkoba aja) cukup mengcopy paste suatu kode ( DHTML, JavaScript atau Flash) kedalam halaman WEB ataupun BLOG kalian. Jadi halaman WEB ataupun BLOG kalian menampilkan “output” dari proses yang dijalankan di situs lain. ( perhatikan kalau ini “biasanya” ada juga yang proses dan outputnya di jalankan situs yang sama)

Kurang paham atau masih belum paham nich…, ikuti penjelasan ini :
Program Widget dijalankan oleh satu situs. katakanlah Widget.com. Kalian mempunyai blog, katakanlah blog.com. Lalu kalian mengkopi kode Widget dari Widget.com dan di pasang di blog.com. Nah, proses dari Widget itu sendiri dijalankan di Widget.com, namun ketika kalian mengakses blog.com, kalian akan melihat output dari proses yang dijalankan di widget.com di halaman blog.com

Kalo kalian pengguna aktif friendster, kalian lihat slide foto di halaman profile teman kalian yang ada tulisannya slide.com? nah, itu juga bisa di sebut widget. atau kalian lihat di sidebar Ludefa Blog ada sebuah Buku Tamu itu juga widget. disediakan oleh shoutbox.com.

Gimana ? Masih binggung….yach susah juga menerangkan hal yang satu ini. Susahnya karena ada bahasa HTML ataupun Java Script. Kalian tidak perlu sampai mendetail karena dengan berjalannya waktu juga bakalan tahu koq. Learning By Doing ( Learning apaan..?? Doing apaan…??) . Karena hanya dengan praktek kita bisa memahami apa maksudnya, disini qu hanya memberikan sedikit penjelasan sisanya ya harus di praktekkan.

Cukup Notes Posting kali ini….entar tungguin aja ya yang lainnya. Pastinya selalu ada yang beda di Page Fan ini. Terima Kasih buat semua yang sudah mau bergabung disini……..

Best Regard


Natha Lia




Artikel Lainnya :




0 komentar:

Posting Komentar


Terima Kasih telah membaca Article Natha Lia semoga dapat bermanfaat.

Blog ini menganut sistem DO FOLLOW jadi komentar kalian tidak akan sia - sia. Komentar yang mengandung SPAM, SARA atau PORN akan dihapus.

Bila ada Pertanyaan lebih lanjut silahkan hubungi melalui :

atau