Spiga

Cara membuat Recent Comment atau Komentar Terbaru

Dear My Lovely Friend’s,,,,


Ingin tahu kenapa sebuah blog tersebut bisa cepat terindeks cepat di google atau serach engine lainnya? Sebenarnya rahasianya sangatlah mudah yaitu kegiatan dalam Blog tersebut cukup ramai maka search engine akan lebih mencari dan mengindeksnya. Selain melihat dari banyaknya pengunjung ke Blog tersebut, search engine juga melihat dari komentar pada setiap artikel atau posting yang ada di Blog tersebut.

Untuk membuat orang berkomentar di Blog kita sangatlah susah karena semua tergantung dari tulisan artikel atau postingan kita apakah membuat pengunjung untuk berkomentar apa tidak. Selain itu juga kemudahan untuk berkomentar didalam blog kita, karena banyak juga blog yang mematikan fungsi komentar tanpa disadari oleh pemiliknya.

Buat Para newbie ada beberapa siasat yang bisa dipakai agar setiap pengunjung mau untuk berkomentar. Yaitu dengan menambahkan widget Recent Comment atau Komentar terbaru. Harapannya dengan widget ini para pengunjung terasa terajak untuk ikut berkomentar pada blog kita. Cara membuatnya juga cukup mudah hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja dan tentu saja qu selalu memberikan 2 buah cara yang bisa kalian pilih.

I. Cara membuat Recent Comment dengan Gadget Blogger
Cara ini bisa dibilang mudah dan tidak menambah beban loading time blog kalian. Hanya saja cara ini membutuhkan sedikit ketelatenan dan kesabaran dalam melakukannya.
Ikuti Langkah berikut ini :
1. Login ke akun blogger kalian
2. Pilih Layout (tata letak) >> Add Page Gadget (tambah elemen halaman) pada sidebar atau dimana saja sesuai keinginan kalian.
3. Pilih Feed dan masukkan alamat url feed berikut, http://bloganda.blogspot.com/feeds/comments/full, kemudian pilih continue/lanjutkan, jangan lupa mengganti tulisan yang berwarna merah dengan nama blog kalian.


4. Jika Muncul pop up window, Isikan title/judul : label widget kalian (misal : komentar terbaru, recent comments dll,) Show : jumlah komentar yang akan ditunjukkan (max 5 item), kalian bisa menampilkan atau tidak tanggal dan pembuat komen dengan mencentang kotak item date dan item source/author


5. Klik Save dan lihat hasilnya.

II. Cara membuat Recent Comment dengan Java Script
Bila yang satu ini lain lagi ceritanya karena pertama pasangnya mudah tapi memiliki beban terhadap loading time blog kalian. Tapi semua pilihan tergantung dari kalian sendiri.
Ikuti langkah berikut ini :
1. Login ke akun blogger kalian
2. Pilih Layout (tata letak) >> Add Page Gadget (tambah elemen halaman) pada sidebar atau dimana saja sesuai keinginan kalian.


3. Masukan code berikut ini :

<script style="text/javascript" src="http://www.belajarngeblog.com/script/showrecentcomments.js">
</script><script style="text/javascript">var numcomments = 5;var showcommentdate = true;var showposttitle = true;var numchars = 100;var standardstyling = true;</script> <script src="http://bloganda.blogspot.com/feeds/comments/default?alt=json-in-script&callback=showrecentcomments"></script>

4. Pada code yang berwarna merah bisa kalian ganti dengan berapa banyak komentar yang ingin kalian tampilkan. Sedangkan untuk yang berwarna hijau gantilah dengan url blog kalian atau nama blog kalian.
5. Jangan lupa untuk memberikan judul pada gadget kalian seperti “Komentar Terbaru” atau “Recent Comment
6. Klik Save dan lihat hasilnya.

Nach rasanya sudah lengkap bukan tutorial yang qu berikan. Dengan begini kalian bisa memilih mana yang lebih bisa kalian lakukan atau mana yang cocok untuk Blog kalian sendiri. Memang tujuannya hanya satu dengan adanya gadget yang satu ini harapannya kalian bisa melihat berapa banyak aktivitas yang ada di blog kalian.

Terima kasih buat para kawan teman dan sahabat Blogger dan Netter yang sudi untuk membaca tutorial qu yang cukup singkat ini. Don’t Forget leave ur Comment and Keep blogging…….

Best Regard


Natha Lia




Artikel Lainnya :




4 komentar:

  sewa mobil

30 Januari 2010 pukul 01.01

thanks info komentnya

  Natha Lia

1 Februari 2010 pukul 21.18

@ Sewa Mobil : wah...semoga bisa yaaa....dan berhasil dengan template kamu yaaa.....and tq for ur comment......

  Konsultan Pemetaan Tanah Global Eksplorasi Indonesia

2 Maret 2011 pukul 17.44

wah saya ini udah pernah posting mbak.,.,.,!!!

  Complete Blog Reviews

13 April 2011 pukul 02.50

mantap bos tutorialnya

Posting Komentar


Terima Kasih telah membaca Article Natha Lia semoga dapat bermanfaat.

Blog ini menganut sistem DO FOLLOW jadi komentar kalian tidak akan sia - sia. Komentar yang mengandung SPAM, SARA atau PORN akan dihapus.

Bila ada Pertanyaan lebih lanjut silahkan hubungi melalui :

atau