Spiga

Cara Membuat Recent Post atau Artikel Terbaru

Dear My Lovely Friend’s,,,,


Membuat blog kita menarik hati itu memang sangatlah sulit, karena ukuran menarik hati itu sangatlah tidak mudah. Kadang apa yang menurut kita menarik bisa jadi tidak menarik buat orang lain. Maka dari itu standar untuk menarik suatu blog banyak dibahas oleh para master blogger. Salah satunya dimana ada sebuah widget Recent Post atau Artikel Terbaru. Jangan samapai salah arti yaaaa…karena kemarin qu telah berikan tutorial Releated Post atau Artikel terkait, hehehe…karena untik newbie kadang sering kebalik mengartikan.

Ada setidaknya 2 cara untuk membuat Recent Post atau Artikel Terbaru. Keduanya sama saja hanya membedakan hasil dan cara. Pada prinsipnya sich sama saja. Qu coba untuk memberikan keduanya buat kalian semua dan pastikan untuk memilihnya.

I. Recent Post dengan widget Blogger
Caranya sangatlah mudah hanya butuh kesabaran dan ketelatenan kalian untuk memasukkan karena ini sudah termuat didalam blog tapi khusus yang memakai blogspot.
Ikuti langkah berikut :
1. Login ke akun blogger kalian
2. Pilih Layout (tata letak) >> Add Page Gadget (tambah elemen halaman) pada sidebar atau dimana saja sesuai keinginan kalian.
3. Pilih Feed dan masukkan alamat url feed berikut, http://bloganda.blogspot.com/atom.xmll, kemudian pilih continue/lanjutkan, jangan lupa mengganti tulisan yang berwarna merah dengan nama blog kalian
4. Jika Muncul pop up window, Isikan title/judul : label widget kalian (posting terbaru, recent post dll,) Show: jumlah posting yang akan ditunjukkan (max 5 item), kalian bisa menampilkan atau tidak tanggal dan pembuat komen dengan mencentang kotak item date dan item source/author
5. Klik Save dan lihat hasilnya.

II.Recent Post dengan Java Script
Lain lagi dengan cara yang satu ini, karena cara yang satu ini rasanya lebih mudah tapi sedikit menambah beban loading time blog kalian. Tapi banyak blog yang lebih menyukai dengan cara yang satu ini.
Ikuti langkah berikut :
1. Login ke akun blogger kalian
2. Pilih Layout (tata letak) >> Add Page Gadget (tambah elemen halaman) pada sidebar atau dimana saja sesuai keinginan kalian.


3. Masukkan Kode dibawah ini

<script src="http://bloggerhosting.appspot.com/serve/anas.ku93.googlepages.com/post-terakhir.js"></script>
<script>var numposts = 10; var showpostdate = false; var showpostsummary = false; var numchars = 100; </script>
<script src="http://bloganda.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=published&amp;alt=json-in-script&amp;callback=rp">
</script>

4. Pada code yang berwarna merah bisa kalian ganti berapa banyak Posting terbaru yang ingin kalian tampilkan. Sedangkan code yang berwarna hijau kalian ganti dengan link blog kalian.
5. Pada Gadget tersebut kalian bisa member judul sendiri sesuai dengan keinginan kalian, misalnya “Postingan Terbaru” atau “New Article”.
6. Klik Save dan lihat hasilnya.

Nach, keren dan lengkap kan buat kalian semua. Dari ini semua kalian bisa melihat perbedaan hasil bila kalian memcoba keduannya. Mudah bukan, tapi pada dasarnya hal ini adalah sebuah kewajiban buat sebuah Blog yang ingin dicintai oleh pengunjungnya. Tapi dengan membuat gadget ini maka ada sebuah konsekuensi yaitu kalian melakukan update article yang rutin. Apakah sehari sekali atau seminggu sekali dengan begitu para pengunjung blog kalian bisa rajin untuk mengunjungi kalian.

Rasanya sudah cukup buat qu menerangkan sedikit tutorial Recent Post atau Artikel Terbaru ini secara lengkap dengan kedua cara yang sangat mudah untuk kalian semua. Terima Kasih buat para blogger atau para netter yang sudah membaca tutorial ini. Don’t forget comment and Keep Blogging……

Best Regard


Natha Lia




Artikel Lainnya :




3 komentar:

  semau aku

20 Juni 2010 pukul 07.49

tank trik nya ,mending pakai cara di atas.coba dulu ah bagusan mana?

  Unknown

8 Desember 2010 pukul 07.57

ok gan tutorial mantap. gua klik iklan lu dah

  Eldy Crown

22 Januari 2011 pukul 03.50

manteb coba ah

Posting Komentar


Terima Kasih telah membaca Article Natha Lia semoga dapat bermanfaat.

Blog ini menganut sistem DO FOLLOW jadi komentar kalian tidak akan sia - sia. Komentar yang mengandung SPAM, SARA atau PORN akan dihapus.

Bila ada Pertanyaan lebih lanjut silahkan hubungi melalui :

atau